Prestasi membanggakan diraih Hasna Adrienne Callysta, siswi kelas 7 D SMPN 1 Purworejo, Jateng. Hasna berhasil meraih juara 2 dalam Asian Music Games 2021 untuk kategori Solo Pianika Melodica.

Atas prestasinya itu, Hasna, putri dari Heri Priswanto ini mendapatkan penghargaan, yang secara simbolis diserahkan oleh Kepala SMPN 1 Purworejo, dalam sebuah upacara bendera, Senin (17/01/2022).

Sutarto, M.Pd, selaku Kepala SMPN 1 Purworejo menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Hasna. Karena prestasinya, telah membawa nama baik sekolah dan daerah, tak hanya di tingkat nasional, namun hingga Asia.

“Selama pandemi, kegiatan marching band di sekolah tak bisa diadakan. Kemudian ada kegiatan AMG (Asian Music Games) yang diadakan tingkat Asia. Kamipun ikut AMG, yang pelaksanaannya secara virtual,” jelas Sutarto, Selasa (28/01/2022).

Sutarto, yang didampingi Aning Setyasih, pengampu kegiatan marching band menjelaskan, dari sekolah kemudian membuat dokumen dengan divideo, lalu dikirimkan ke panitia. Ada tiga kategori yang diikuti dalam kompetisi ini, CG, pianika berkelompok dan solo pianika.

Yang berhasil, ungkap Sutarto, solo pianika, yang berhasil meraih juara 3 nasional juara. Untuk pianika berkelompok, tidak berhasil menyabet juara, padahal selisih nilainya 0,05. Kemudian dari sekolah membuat video lagi, dan mengirimkannya untuk tingkat Asia.

“Alhamdulillah, akhirnya meraih juara 2 tingkat Asia untuk kategori solo pianika melodica,” terang Sutarto.

Lebih lanjut Sutarto mengungkapkan, kegiatan marching band di SMPN 1 Purworejo, dimulai sejak tiga tahun lalu, dengan pelatih seorang alumni yang menjadi pelatih marching band pada sebuah universitas di Jogja. Kompetisi awal yang diikuti, Kejuaraan Marching Band Piala Raja Hamengkubuwono Cup 2019 (HB Cup).

“Alhamdulillah, pelatih itu mau bergabung dengan kami, sehingga membawa siswa kami menjadi anak-anak yang bisa membanggakan sekolah,” kata Sutarto.

Namun selama pandemi, kegiatan marching band secara visual/langsung tidak bisa diadakan. Kejuaraan marching band HB Cup juga sudah dua tahun vakum.

Kedepannya, Aning Setyasih menambahkan, dari sekolah punya program, mudah-mudahan HB Cup yang jadi unggulan tahun ini bisa dilaksanakan. Dia menargetkan bisa meraih juara 1 nasional.

Dirinya selalu memberikan motivasi pada anak-anak bahwa untuk meraih prestasi harus melakukan sesuatu. Latihan harus tetap dilaksanakan.

“Kita berlatih terus menerus tanpa terpengaruh orang lain, tapi dari kesadaran diri sendiri, maka itu akan menghasilkan buah yang bisa kita nikmati,” kata Aning.

Harapannya kedepan, ujar Aning, untuk kegiatan-kegiatan berikutnya, bisa menginspirasi adik-adik kelasnya nanti di SD untuk bisa memberikan sesuatu yang berharga untuk sekolah. (Jon)

Sumber : Koranjuri

#

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.