Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru, merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMP. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilakukan di hari dan jam pelajaran sekolah dalam jangka waktu paling lama 3 hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran.

Tujuan dari MPLS sendiri yaitu

1. Kegiatan mengenali potensi diri siswa baru

2. Kegiatan membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya.

3. Kegiatan menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai peserta didi baru

Pentingnya mengenal lingkungan sekolah baru, yaitu membantu peserta didik baru untuk beradaptasi dengan lingkungan belajarnya yang baru. Membantu menumbuhkan semangat dan motivasi belajar para peserta didik baru. Dapat mengembangkan hubungan interaksi yang baik antara siswa dengan warga sekolah yang lainnya. Memberikan pembekalan kepada siswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, khususnya kegiatan pembelajaran dan kesiswaan.

Pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dalam rangka penerimaan peserta didik baru di sekolah untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Melihat pentingnya tujuan pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru, maka kegiatan MPLS wajib di selenggarakan oleh setiap satuan pendidikan.

Karena masih berada di masa Pandemi Covid-19, maka kegiatan MPLS Tahun Pelajaran 2021/2022 SMP N 1 Purworejo dilakukan secara daring (online) untuk mencegah penyebaran Covid-19, khususnya pada satuan pendidikan. SMP N 1 Purworejo menggunakan youtube dan Whatsapp sebagai aplikasi pendukung MPLS tahun ini. Segala Materi dibuat untuk menunjang kegiatan tesersebut.

#

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.